Rabu, 09 Desember 2015

My First Time In Magelang

Assalamualaikum. wr. wb



hay guys, nama aku Ajeng Kusuma Fildasari. aku lahir di Tangerang, 13 Agustus 1998.
mau sedikit berbagi pengalaman nih, karna aku juga baru dimagelang, jadi kalo ada salah atau kurangnya mohon dimaafkan ya, kalo boleh sih minta pendapatnya juga, hehe :D
kalo dibilang baru banget, ya dimagelang udah ga terlalubaru sih buat aku. tapi dibanding sama anak-anak asli sini sih pengalaman aku masih NOL SEN banget, masih dasar banget buat belajar tentang budaya di Magelang, apalagi belajar buat paham sifat dan karakter orang-orang Magelang, yang pasti gak kalah baik sama anak-anak di Tangerang sana :)


oke gausah basa-basi ya, nanti kalian bosen lagi :D


    Pertama kali masuk kawasan kota Magelang,  aku udah dikagetin sama banyak hal yg Indah dikota ini, mulai dari Pegunungan, Perbukitan yang sumpah, bener-bener  di Tangerang tu gak ada :D
kaya gini nih ;




 tapi begitupula, walaupun di Magelang punya Kelebihan pastinya juga punya Kekurangan dong ya, kaya misalkan disini tuh jauh banget gengs dari Mall-Mall dan magelang tuh sempit, sampe kemana-mana tu kayanya ketemunya sampe bosen bilang "yeehh, dia lagii..dia lagi.." hahaha tapi walau magelang sempit tetep aja ya yang cowo pada bisa lolos punya Selingkuhan :3 wakwaw.
oke lanjut.. haha..
dimagelang tuh ya, ada bahasa kaya semacam bahasa Daerah gengs, apa ga keren? padahal ditangerang aja udah gaada tuh yg namanya bahasa sunda :D, tapi disini masih di budayain gengs salut banget sama orang-orang sini.
tapi ya gitu, susahnya orang pindahan kaya aku buat adaptasi disini ya nyesuaiin dimana saatnya ngomong sama orang yang lebih tua, yang sepantaran, sama orang yg lebih muda. soalnya disini bahasanya semua beda gengs. jadi terpaksa aku memutuskan untuk menggunakan bahasa Indonesia buat kehidupan sehari-hari "Cinta Indonesia men" ya walaupun kalo orang-orang yang gatau aku pindahan suka ngomong "SOK INDO BANGET" padahal kan kita tinggal di Indonesia yak, harusnya emang cinta Indonesia hahaha tapi gapapa. abaikan, itu orang-orang sirik aja, oke lanjut.. haha eh iya, ini ni sekolah aku :






oke, pas waktu itu aku lagi Tes Mid Semester gengs, dan itu pas jatahnya Tes Bahasa jawa, duh aku mulai kebingungan.. karna emang basicnya orang tua aku tu gaada yang bisa bahasa jawa. jadi aku memutuskan menggunakan "Ilmu Turun-temurun" yang biasanya disebut SILANG INDAH nah tu masalah satu udah terselesaikan kan gengs, tapi ada masalah baru, masalah barunya adalah ternyata yang di Tesin itu bukan cuma "Pilihan Ganda" gengs tapi juga "Essay" mati ga tuh? bayangin aja, buat ngerti satu kalimat aja aku udh bersyukur banget ini disuruh baca sekalian jawab lagi haha kalo buat anak tangerang mah.. "mending tidur dirumah", eh..ehhh gaboleh di contoh :3
nah oke.. aku masih mikirin gimana caranya selesai tapi gapake pusing.. akhirnya pake ilmu nenek moyang juga.. yg biasa di sebut "Nyontek" haha yes..yess.. cuma itu tu jalan satusatunya -_-
jadi soal pertama tu gini gengs aku inget banget (1. Ubah dalam bentuk Krama, "Simbah maem godhong telo") nahh tu.. makanan macem apa lagi tuh, haha kan aku mikir dulu. akhirnya tanya "eh..eh.. "maem" bahasa kramanya apasih?" temen aku jawab gengs ("Nguntal") nah, dan bodohnya aku kalo pas pelajaran bahasa jawa tuh aku penganut "kepercayaan pada teman" yang sangat tinggi jadi, apa aja yang mereka omongin ya aku ikutin.. karna aku fikir gamungkin dong mereka mau jahatin aku.. kan mereka baik haha..
tapi gengs, ada tuh temen sebangkunya bilang, ("eh sembarangan, ajeng.. jangan dipercaya.. kamu dikerjain.. itu bahasa kasar banget") dan dari pengalaman  itu men sekarang aku lebih baik percaya diriku sendiri deh.. belajar bahasa jawa pelan-pelan, yahh walaupun sampe sekarang gabisa dan tiap Remidi alhasil disuruh nulis AKSARA JAWA 100 kali di kertas tapi ya gapapa.. ini pengalaman yang sangat mengesankan buat semuanya, terutama aku yang smpe saat ini masih susah banget adaptasi sama bahasa mereka..
haha, baik sekian pengalaman dari aku.. kalo ada salah-salah kata Mohon Maaf yang sebesar-besarnya. kalo membosankan juga aku minta maaf.. karna ini pengalaman nulis pertama kali sampe  harus di publikasiin giini karna tugas :D tapi gapapa, nambah pengalaman dan itung-itung berbagi pengalaman.. mungkin besok-besok agan mau mampir ke Kota Magelang yang Indah ini :D silahkan mempir kerumah aku kalo cuma 1 atau 2 orang, kalo 1 atau 2 bis rumah saya nanti longsor~ 

nih ada satu lagi bukti indahnya Magelang:) 



 
rumah Kamera, Mertoyudan, Borobudur Magelang





Gereja Ayam, Mertoyudan Magelang



tampilan depan Rumah Kamera



deket rumah nih :v



agro, secang, magelang



air terjun sumuran, Grabak Magelang


terimakasih atas waktunya untuk membaca cerita membosankan ini semoga memberi inspirasi dan senantiasa bermanfaat :D



Wassalam. wr. wb

1 komentar:

  1. Pengalaman yang bagus, hanya saja tidak disebutkan bagaimana sifat orang2 magelang?

    BalasHapus